-->

Penilaian Keterampilan

A. Pembahasan
1. Pengertian Penilaian Keterampilan
Penilaian (asesmen) merupakan penerapan berbagai cara dan menggunakan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang seberapa jauh hasil belajar peserta didik atau ketercapaian kompetensi. Penilaian keterampilan merupakan penilaian yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan untuk melakukan tugas tertentu di dalam berbagai konteks sesuai dengan indikator kompetensi. Fungsi daripada penilaian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemajuan perkembangan peserta didik dalam satu periode tertentu. Hasil dari setiap penilaian akan dijadikan sebagai dasar untuk memperbaiki kemajuan setiap individu peserta didik.
Penilaian keterampilan termasuk kedalam ranah psikomotor dimana ranah psikomotor merupakan ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Pengukuran ranah psikomotor dilakukan terhadap hasil-hasil belajar yang berupa penampilan. Namun demikian biasanya pengukuran ranah ini disatukan atau dimulai dengan pengukuran ranah kognitif sekaligus. Misalnya, penampilannya dalam menggunakan termometer diukur mulai dari pengetahuan mereka mengenai alat tersebut, pemahaman tentang alat dan penggunaknnya (aplikasi), kemudian cara menggunakannya dalam bentuk keterampilan.
Kompetensi peserta didik dalam ranah psikomotor menyangkut kemampuan melakukan gerak dasar, gerak persepsi, gerak kemampuan fisik, gerak terampil, gerak indah dan kreatif. Jadi, penilaian kompetansi keterampilan merupakan penilaian yang dilakukan guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi keterampilan dari peserta didik yang meliputi aspek imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi, dan maturalisasi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penilaian Keterampilan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel